Kamis, 19 Mei 2011

Bohong - Terima Kasih = Bohong yang Menyebalkan

Limit yourself. Don't let yourself become something's zero.

Kondisi gua 30 menit yang lalu masih punya 36 rebu. Dan sekarang tinggal 31 rebu. Lantas kemanakah 5 rebu itu melayang?

Tadi ada bapak-bapak nyamperin gua pas gua lagi mo jalan ke kos. Dan dia ngomong kalo dia itu lagi butuh duit buat kemana gitu. Dan dia sampe nunjukin dompet dia segala ke gua, buat ngebuktiin kalo dia bener-bener ga ada duit.

Selama dia ngejelasin sih, gua hindarin eye contact. Dalem ati pengen kabur cuma ga kepikiran buat ngomong apa. Selesai dia ngejelasin itu semua, gua kepikir kalo 'mo sedekah mah sedekah aja, terlepas dari omongan dia bener apa salah. Seengganya lu uda berbuat sesuatu yang bener.'

Sekarang gua ada di kos. Baru kepikir ide, gimana kalo kaya gini:

1. 'Aduh pak, saya sakit perut, harus buru-buru ke wc. Punten ya.'
2. Ngasih serebu aja.
3. Tetep ngasih 5 rebu, dengan tambahan 'kalo 5 rebu mau gak?!' Kalo dia jawabnya lambat ato ga meyakinkan jawabnya, ya uda ambil balik aja.
4. Ngejelasin balik ke dia kalo lu juga lagi ga ada duit, dan coba minta duit balik ke dia. Kalo dia ga ada duit, minta KTP-nya buat dilaporin ke pihak berwenang setempat.
5. 'Derita lu.' Trus ngeloyor tanpa perasaan bersalah.

Well, gua tau itu bohong. Temen gua juga setelah itu juga bilang kalo itu ga bener. Kalo bener, masa dia ga balik-balik ke jakarta?

Yang paling bikin gua kesel adalah dua hal. Mungkin yang bikin dia jadi ketauan bohong juga kali ya.

1. Gua bilang ke dia, 'paling saya cuma bisa kasi 5 rebu aja.' Tapi dianya malah nanya balik ke gua, 'Ga ada 10 rebu, dek?' Gua jawab lagi, 'Saya lagi ga punya duit.'

2. Setelah dia nerima duit itu, dia ngeloyor aja. Ga bilang terima kasih. Gua ga bakal muna dengan bilang, 'gua sebenernya ga ngarep terima kasih.' Untuk beberapa orang, apalagi orang asing yang gak gua kenal, minta duit (bukan minta bantuan laen selain duit), ngomong panjang lebar trus ga ngomong terima kasih. Well, sekali pun dia ga bohong soal keadaannya itu, gua bener tetep kesel sama dia. Bukannya ga tau sopan santun, tapi ga tau diri.

Sekarang merana lah gua dengan duit 31 rebu di dompet, 4.700 di debit bca, dan 17 rebu di flazz. Doakan saja gua (dan nilai ujian gua) baek-baek saja.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar